Monday, December 3, 2007

INVESTASI ASING

Sebenarnya apakah pentingnya INVESTASI ASING bagi kita? Basi nggak ya kalo kita ngebahas masalah ini sekarang :-?
Sebenarnya pada awal sekali mendengar akan banyak investor asing akan datang / masuk ke negara ASIA juga negara kita berati dong yach ( Indonesia Tercinta ), sempet Bingung Dan kawatir walau dan belum tau Apa untungnya mereka masuk ke negara kita ;)) jadi malu.
Sebenarnya apa sih arti dan guna INVESTASI ASING itu?

INVESTASI ASING atau penanaman Modal Asing (PMA) sebagai salah satu indikator perekonomian suatu negara, memainkan peran penting dalam proses internasionalisasi bisnis.
Pengaruh terbesar PMA ini ada di negara-negara berkembang, dimana aliran PMA meningkat pesat belakangan ini. jumlah PMA di Dunia ketiga kini mencapai separuh PMA global.
Perusahaan-perusahaan multinasional besar dan para konglomerat masih menjadi bagian terbesar dari PMA. Negara-negara asing ASEAN dengan penghasilan menengah seperti Vietnam, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Filipina menghadapi tantangan utama untuk meningkatkan daya saing dan daya tarik mereka sebagai tuan rumah bagi PMA dalam lingkungan ekonomi yang berubah dengan pesat.
Apakah Indonesia membutuhkan investasi asing?Banyak pihak yang menjawab, jelas kita yang membutuhkannya. Investasi asing dibutuhkan guna memacu pertumbuhan industri TI kita sekaligus untuk meredam digital devidi di negara kepulauan seperti indonesia, juga untuk mengahasilkan multiplier effect lainnya. Tapi ada juga yang tidak terlalu berharap atau bersikap butuh tak butuh. Kalu kita memang membutuhkannya, maka indutri TI kita perlu mempercantik diri terus menerus. Kalau tidak, investor akan lebih memilih negara yang lebih menarik, seperti vietnam misalnya.
Apa saja sebenarnya yang menjadi daya tarik?
  • tenaga kerja yang murah saja tidak cukup buat investor asing. Yang terpenting adalah kualitasnya dan produktivitas tenaga kerjanya.
  • Jaminan investasi dan pemerintah sendiri . regulasi yag jelas atau kepastian hukum, dan adanya law enforcement. Dengan, demikian investor pun bisa lebih tertarik dan Indonesia masuk kedalam peta persaingan industri TI.
Nah sekarang kita pasti uda tau dong apa untugnya para INVESTOR itu datang ke Indonesia kita. Jang malas bekerja yach ;)) dan kalo kerja itu yang giat.. hehehehe...